InstaForex

Selasa, 21 Februari 2012

Beberapa Macam alat INPUT komputer

Untuk menjalankan setiap fungsi dan perintah pada komputer diperlukan sebuah alat Input Device. Input Device berfungsi untuk memberi masukan informasi berupa data data yang bermacam-macam yang akan diterima oleh CPU. Setelah Informasi berupa data-data diterima oleh CPU maka data tersebut akan disimpan dan diproses sehingga menghasilkan Output yang bermacam macam pula.
Berikut ini adalah beberapa macam Input Device yang sering digunakan :

Keyboard


Keyboard atau papan ketik adalah input device yang paling penting untuk dimiliki setiap komputer. Keyboard berfungsi untuk memasukkan perintah secara langsung berupa data-data yang melambangkan huruf, angka, simbol, karakter khusus, dan beberapa perintah shortcut. Urutan huruf keyboard tidak berdasarkan alfabeth namun berdasarkan model QWERTY yang sekarang mulai booming digunakan juga pada Handphone. Selain model QWERTY adapula model DVORAK dan AZERTY. Port yang digunakan oleh keyboard pun bermacam- macam seperti PS/2, serial, USB, bahkan ada yang Wireless.
 


Mouse

Mouse dalam bahasa indonesia artinya adalah "Tikus". Nama mouse diberikan karena bentuknya yang diibaratkan tikus bergerak kesana kemari. Fungsi mouse adalah untuk memberikan perintah melalui pointer atau kursor. Dengan menggunakan mouse perintah bisa dilakukan secara praktis dan cepat dibanding keyboard, dengan cara click dan double click. Mouse terdiri dari tiga tombol yaitu tombol sebelah kiri (click), tombol tengah/tombol gulung (scrool), dan tombol kanan (right click). Sama seperti keyboard port yang digunakan bisa berupa PS/2, serial, USB, dan juga wireless.

Touchpad

Touchpad berfungsi sebagai pengganti mouse. Dan fungsinya juga sama seperti mouse, yaitu untuk memberikan perintah melalui pointer atau kursor secara cepat. Touchpad bisa ditemukan hampir pada setiap Laptop dan Notebook . Cara penggunaanya yaitu dengan menerima sensor sentuhan untuk mengendalikan pointer.

Trackball

Trackball memiliki fungsi yang sama seperti Mouse dan Touchpad. Dalam penggunaanya dengan memutar bola pada Trackball. Jika diibaratkan adalah kebalikannya mouse tipe terdahulu yang masih menggunakan bola sebelum optik.

Digitizer dan Light pen


Kedua Input Device tersebut Berfungsi untuk menerima informasi secara langsung melalui coretan atau gambaran dari stylus. Biasanya digunakan oleh para Desainer baik Desain Teknik maupun Grafik. Bentuknya menyerupai Buku tulis namun lebih tebal dan menggunakan media Screen yang menerima sinyal koordinat X dan Y.

Joystick


Joystick berfungsi untuk memudahkan kendali dalam sebuah Game Komputer. Joystick sangat dipbutuhkan dalam sebuah game karena banyak hal yang tidak bisa dilakukan atau sulit dilakukan pada Keyboard ataupun Mouse. Joystick memiliki berbagai macam bentuk yang berbeda sesuai dengan fungsi yang dibutuhkan oleh game tersebut.

Scanner


Scanner berfungsi untuk memindai Gambar atau Tulisan agar bisa ditransfer dan diedit ke dalam komputer. Cara kerjanya seperti mesin fotocopy, namun Scanner hanya merubah data yang disalin menjadi data digital yang dapat diproses oleh komputer.

Barcode Scanner

Barcode Scanner berfungsi untuk membaca barcode dan diterjemahkan kedalam kode angka dan sebagainya. Biasanya barcode terdapat dalam sebuah produk yang sering dijual di Supermarket dan sebagainya.

Kamera


Kamera berfungsi untuk menangkap objek melalui sensor data analog yang diubah menjadi data digital berupa gambar atau video. Pada Laptop dan Notebook sekarang biasanya sudah terintegrasi kamera yang dapat memotret dan merekam video.


Microphone

Microphone berfungsi untuk memberi masukan informasi berupa suara. Microphone dapat merubah gelombang suara yang ditangkap menjadi data digital yang dapat diproses oleh komputer.


Blog Widget by LinkWithin

1 komentar:

Thx buat infonya, untuk lebih lengkapnya tentang alat input komputer bisa kunjungi blog saya :

http://top-ilmu.blogspot.com/2012/09/macam-macam-alat-input-komputer.html

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More